http://3.bp.blogspot.com/-lLsOrrcQmNA/VYHfh8nqqpI/AAAAAAAAAcc/ffJ6hV6DUBo/s72-c/uhuy.png

Dahar Modol Ulin

Akhirnya gua sampe juga di rumah, dari awal emang udah gua niatin kalo hari pertama puasa tahun ini, gua akan saur di rumah. Makan masaka...
Akhirnya gua sampe juga di rumah, dari awal emang udah gua niatin kalo hari pertama puasa tahun ini, gua akan saur di rumah. Makan masakan andelan emak gua, indomie soto. Beuh, emak gua itu kalo masak indomie jago, aer di panci dipanasin diatas kompor, begitu airnya mendidih, mie nya langsung dicemplungin, ditunggu 3 menit, mie diangkat dan ditaro ke mangkok, trus bumbunya dimasukin, pokonya ga beda jauh lah sama kalian kalo bikin indomie.

Beda sama cara gua bikin mie waktu masih di pesantren, bungkus mie dibuka, bumbunya dikeluarin, mie nya tetep di bungkus, taro aer panas ke bungkus, tunggu tiga menit, buang airnya sebagian, masukin bumbu, bismillah, trus makan, lalu kami semua bahagia akhirnya. Apapun makanannya, rasanya akan selalu enak di mulut gua berkat kebersamaan. Duka kan terasa bahagia bila bersama namun suka kan terasa sedih bila sendiri.

Walaupun di rumah sahur dengan makanan seadanya, semuanya pasti akan terasa nikmat. Karna, bukan rasa makanan yang gua cari, melainkan rasa kebersamaan.

Terakhir kali sahur dirumah pas awal bulan puasa, itu waktu gua kelas enam SD. Karna setelah itu, gua masuk pesantren, dan selama enam tahun, sahur pertama ya di pesantren. Lulus dari pesantren gua brangkat ke Kediri, dan sahur pertama disitu. Beres dari Kediri, gua kuliah, dan setiap tahunnya gua juga ga pernah sahur pertama di rumah. Karna dulu gua masih sibuk ikut organisasi yang bikin gua ga bisa pulang ke rumah di hari pertama puasa. Tapi lagi-lagi semua terasa senang karna waktu dihabiskan bersama teman-teman.

                Emang dari dulu gua paling ga betah tinggal lama di rumah, karna itu bikin gua jadi sama sekali ga produktif, nganggur. Dan nganggur adalah hal yang paling gua benci. Kegiatannya paling cuma nonton tv, tidur, makan, berak, gitu aja terus berulang ulang. Sedangkan di kampus, kegiatan bisa bervariatif, gua bisa memulai hari ga Cuma dengan nonton tv, tapi bisa dimulai dari berak, makan, tidur, baru nonton tv.

                Jujur, gua kurang simpati sama pengangguran. Karna menurut gua, nganggur itu karna memang dasarnya malas. Apapun bisa dikerjain kalo ada niat. Itu juga yang jadi alasan gua, kenapa gua jarang di rumah.

                Waktu di pesantren gua belajar syair imam Syafi’i

safir tajid 'iwadhan 'amman tufariquhu
fanshab fa inna ladzidza l-'aisyi fi l-nashabi

inni ra'aitu wuqufal maai yufsiduhu
in sala thaba wa in lam yasil lam yathib

wal usudu lau la firaq l-ghabi ma iftarasat
wa sahmu lau la firaq l-qausi ma yushibi

wa l-syamsu lau waqafat fil fulki daimatan
lamallaha l-nasu min 'ajamin wa min 'arabin



merantaulah niscaya kau akan mendapat pengganti apa yg kau tinggalkan
bekerja keraslah, karna kenikmatan hidup ada di kerja keras

aku melihat air menggenang menjadi rusak
jika mengalir akan jernih jika tidak maka akan keruh

singa tidak akan pernah memangsa jika tak tinggalkan sarang
dan anak panah bila tak tinggalkan busur tak akan mengenai sasaran

jika saja matahari tidak bergerak dan terus diam
tentu manusia bosan padanya dan enggan memangdang

20 comments:

  1. Duh anak rantau keren nih bang dzawin, santri rantau euy

    ReplyDelete
  2. Tuh syair imam syafi'i kayanya ada juga di novel negeri 5 menara

    ReplyDelete
  3. Bang gue firdi anak sma kelas 2,gue respect sama elu gara gara lo ada distandup comedy,gue paling suka materi lu yg tentang bola itu wkwwk,ga nyangka aja anak pesantren kyk lu bisa ada ditv trs acaranya gt standup comedy,yaa gue pikir kalo jebolan pesantren gt adanya diacara acara mama dedeh,islam itu indah dsb dehh...sukses ye bang

    ReplyDelete
  4. keren abis bang! jangan batal puasanye :pp

    ReplyDelete
  5. Di Kediri ngapain, bang? Di Desa Inggris ya?
    Kapan bukunya terbit ni?

    ReplyDelete
  6. Gimana tuh sama yg gak ngerantau karena ga dibolehin ortu?

    ReplyDelete
  7. Wah pengalaman naik gunung nya boleh juga bang :D. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. Semangat ngeblog sama nulisnya ya bang :)
    Lu komika yg ngerti perasaan gue banget! Mantan budak idealis
    Ciyee samaan :D

    ReplyDelete
  9. Semangat bang!! Bukunya ditunggu ya

    ReplyDelete
  10. gaya anak pesantren bet dah....

    ReplyDelete
  11. gaya anak pesantren bet dah....

    ReplyDelete
  12. emang syairnya oke punya ye bang...:-D
    Bikin mie instannya ternyata sama bang, pas di pesantren dulu cara bikinnya juga sama kayak abang ma temen2 bikin... tu sanad awalnya sapa ye bang kira-kira yg ngajarin bikin mie instan kayak gitu...? hahahaha

    ReplyDelete
  13. Cara bikin mie instan emang sama, tapi rasanya pasti berbeda.. buatan mama ada tambahan bumbu rahasianya (bumbu cinta dan kasih sayang) makanya enaknya nembus pankreas ke ginjal, sedangkan mie instan buatan anak rantau bumbunya rindu dan derita heheheeeh

    ReplyDelete
  14. Semoga ilmu yang di dpt dr pesantren selalu dibawa kemanapun kamu pergi bang :)

    ReplyDelete